Kamis, 14 April 2011

Robot ITB Menang

Bangga banget,, Robot ITB menang dalam kompetisi robot internasional dengan desain robot pemadam kebakaran.
empat mahasiswa ITB yang mengharumkan nama Indonesia tersebut ialah Syawaludin Ramatullah, Samratul Fuadi, Aslih Damaetri dan Dody Suhendra.


Tak sia2 usaha mereka selama dua tahun melakukan riset mendesain robot pemadam kebakaran tersebut. dana yang dikeluarkan pun tidak sedikit, mencapai 60 juta rupiah. dan untuk yang berkaki enam menghabiskan biaya 20-60 juta rupiah.


foto robot ITB
Kedua robot mereka menggunakan prosesor Atmell sebagai otak dan selanjutnya program2 gerakan di masukkan ke dalam prosesor itu. Robot tersebut menggunakan prinsip kelelawar untuk bergerak. untuk gerak dengan memancarkan suara ultrasonik, pantulan dari suara tersebut kemudian di proses robot untuk mengukur jarak ruangan agar tidak menabrak.


sedangkan untuk melacak api, menggunakan ultraviolet dan infra merah. untuk gerak kaki keduanya menggunakan motor servo yg di impor dari singapura. motor servo harganya Rp.1.1 juta. satu robot butuh 22 motor servo, jadi untuk motor servo saja sudah menghabiskan dana Rp.22juta.


Robot yang dibuat mahasiswa ITB mempunyai kelebihan dari robot2 pesaingnya yaitu pada kecepatan gerak berjalan dan bergerak presisi, sehingga mengalahkan robot2 lainnya. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar