Sabtu, 19 November 2011

Disabilitas dan Pandangan Masyarakat

Disabilitas dan Pandangan Masyarakat


Di dunia ini Tuhan menciptakan makhluk yang paling sempurna yaitu Manusia. Manusia dikatakan sempurna karena memiliki segala yang dimiliki oleh makhluk lain dan kesempurnaan manusia lebih lengkap dengan adanya "Akal Pikiran". Inilah yang menjadikan Derajat manusia paling tinggi diantara makhluk yang lainnya. Pada hakikatnya dimata Tuhan semua manusia itu sama, tidak ada yang membedakan antara manusia satu dengan lainnya kecuali amal dan perbuatan manusia itu sendiri. Dalam soal fisik dan mental, Manusia memiliki keberagaman yang sangat luar biasa. Dapat dipastikan di dunia ini tidak ada satupun manusia yang secara fisik dan mentalnya sama/kembar, sungguh kekuasaan tuhan yang begitu besar yang menciptakan perbedaan, tapi dari segala perbedaan itulah yang membuat dunia ini berwarna.
Diantara manusia-manusia yang sempurna lahir batin, terdapat pula manusia-manusia yang kurang beruntung secara fisik. Seperti para penyandang Tunanetra, tunarungu, keterbelakangan mental dll. Yang sekarang ini disebut sebagai Penyandang Disabilitas. Para Penyandang disabilitas sendiri umumnya tak menghendaki dirinya akan seperti itu, tapi mau berbuat apalagi jika memang takdir tuhan sudah demikian adanya. Tuhan maha tahu segala tentang makhluknya, termasuk kenapa tuhan menciptakan manusia dengan menyandang predikat Disabilitas.
Dalam lingkungan Masyarakat, para penyandang disabilitas ini begitu memprihatinkan.Bagi para penyandang Disabilitas dan Pandangan Masyarakat yang negatif inilah yang membuat seakan-akan mereka begitu didiskriminasi, tak dihargai bahkan diacuhkan oleh Masyarakat mereka sendiri. Kebanyakan para penyandang disabilitas dipandang sebagai manusia-manusia yang lemah dan menjadi beban di lingkungan suatu masyarakat. Apalagi dengan kehidupan era sekarang ini, dimana individualisme menjadi citra utama masyarakat sekarang, akan sangat tidak mungkin para penyandang disabilitas mendapat perhatian dari lingkungan masyarakatnya, karena masyarakat sudah hidup untuk dirinya sendiri. Berbeda dengan dahulu yang notabene masyarakat indonesia terkenal akan gotong royong dan kesatuan masyarakat yang kuat. Sungguh sangat memprihatinkan sekali apalagi mengingat para penyandang disabilitas yang dianggap tak berguna bagi mereka.

Apa anda masih ingat? dengan sebuah kata-kata:
"Tiada yang jatuh di dunia ini dengan sia-sia"
seperti itulah gambaran untuk para penyandang disabilitas. Mereka bukan terlahir untuk disia-siakan dan mereka bukanlah sebuah beban bagi masyarakat sekitar! Asal anda tahu, dalam tiap diri mereka yang memiliki keterbatasan itu. Tertanam sebuah keinginan yang kuat, motivasi yang tinggi bagi para penyandang disabilitas untuk berjuang menjadi seperti orang kebanyakan dan ingin menunjukkan potensi mereka dalam berbagai bidang kehidupan. Tapi karena mereka memiliki keterbatasan, maka mereka sulit untuk bangkit secara sendiri. Mereka membutuhkan masyarakat yang inklusif, yang mau mensuport, mengakui dan mengayomi mereka. Tapi, dengan pandangan negatif masyarakat kepada para penyandang disabilitas inilah yang membuat keinginan untuk maju penyandang disabilitas ini kurang terpenuhi.

Disabilitas dan Pandangan Masyarakat
Mereka butuh kita, mereka juga butuh support dari kita. Dan mungkin anda pasti masih ingat, akan teori Aristoteles seorang filsuf terkenal dari Yunani, dia menyebutkan "Zoon Politicon"
yang maksudnya:
"Manusia adalah Makhluk sosial, dan manusia takkan mampu berdiri sendiri"
Dari kata-kata diatas menjelaskan kepada kita, bahwa di dunia ini kita takkan bisa hidup sendiri, semua individu membutuhkan masyarakat sekitarnya untuk memajukan potensi yang ada dalam diri. Begitu juga bagi para penyandang disabilitas. Mereka membutuhkan masyarakat yang inklusif tapi lagi-lagi pandangan masyarakat yang tak mendukung keadaan..
Sebenarnya apa saja sih pandangan masyarakat kepada para penyandang disabilitas?
Dibawah inilah beberapa pandangan dari masyarakat terhadap para penyandang disabilitas:
1.Para Penyandang Disabilitas dianggap sebagai individu-individu yang lemah
2.Para Penyandang disabilitas dianggap tidak memiliki potensi
3.Para penyandang disabilitas dianggap tak berdaya
4.Para penyandang disabilitas dianggap tak sederajat dengan masyarakat lainnya karena keterbatasannya.
Dari pandangan-pandang masyarakat itulah yang sampai sekarang menjadi problema bagi para penyandang disabilitas untuk bisa memaksimalkan potensi yang mereka punya dan motivasi yang mereka pendam.
Lalu bagaimanakah solusi agar Masyarakat mau bersikap inklusif dan mengubah cara pandang mereka pada para penyandang disabilitas??

Dari keadaan itulah para penyandang disabilitas berfikir, mencoba mencari titik terang dari problema dan semua keterpurukan yang mereka alami. Mereka mungkin sadar bahwa inilah takdir dari Tuhan yang diberikkan pada mereka, tapi mereka juga berfikir, tuhan tidaklah kejam pada mereka yang diciptakan dengan berbagai keterbatasan dan fisik yang tidak sempurna.Akhirnya pada tanggal 19 Januari 2006, dengan semangat tinggi dan Motivasi luarbiasa dari para penyandang disabilitas khususnya Tunanetra. Berdirilah sebuah organisasi bernama Kartunet Community Indonesia.. Organisasi ini didirikan oleh para penyandang tunanetra yang memiliki satu misi yakni:
"Akselerasi mewujudkan masyarakat indonesia yang inklusif dengan kartunet.com sebagai Media Informasi terdepan dalam pengembangan dan Eksplorasi potensi/keahlian penyandang disabilitas"
Disabilitas dan Pandangan MasyarakatKata kartunet sendiri merupakan kliping dari dua kata yakni "Karya" dan "Tunanetra". namun seiring berjalannya waktu, situs kartunet.com dijadikan sebagai sebuah Media bagi para Tunanetra dan penyandang disabilitas lain berkreasi. Di Kartunet Community Banyak sekali kegiatan yang memacu untuk pengembangan potensi dari para penyandang disabilitas, seperti Mengelola usaha Online, Keterampilan Menulis, Perangkat Komputer dan lain sebagainya.

Situs kartunet.com juga menjadi sebuah sarana publikasi karya-karya penyandang disabilitas khususnya mengenai isu-isu disabilitas, demi menciptakan masyarakat indonesia yang inklusif terhadap para penyandang disabilitas. Dengan adanya situs kartunet.com sebagai sebuah media sosialisasi dan Kreativitas para penyandang disabilitas, diharapkan Masyarakat mampu membuka mata hati mereka dan melihat betapa berpotensinya para penyandang disabilitas ini, betapa hebatnya mereka berkarya dan berkreativitas jika para penyandang disabilitas ini mendapatkan support dari kita semua..

Kita juga harus banyak berterimakasih pada kartunet.com Karena dengan adanya situs tersebut, kita bisa mengetahui betapa besarnya potensi yang ada pada para penyandang disabilitas, yang selama ini kita anggap sebagai individu yang tak berdaya. Sebagai contoh kongkrit akan potensi penyandang disabilitas adalah..
Mantan Presiden Republik Indonesia ke-4
Bapak K.H. Abdurrahman Wahid.


Beliau juga salah satu dari sekian banyak penyandang disabilitas, namun apa kita bisa menyangka? Dibalik keterbatasan beliau, beliau adalah salah satu putra bangsa yang terbaik.. Dengan kelebihan dan potensi yang dimiliki. Beliau mampu menjadi seorang Pemimpin negara kita tercinta ini, dan karena kontribusi beliau yang begitu besar bagi negara, setelah beliau wafat, beliau mendapatkan gelar sebagai salah satu Pahlawan Indonesia era modern.. Benar-benar tak bisa diterima logika kita,
ternyata Penyandang Disabilitas pun mempunyai potensi yang luar biasa. Oleh karena itu marilah kita semua bersikap Inklusif pada mereka dan support mereka, agar bisa memunculkan potensi yang mereka punya..
Berantas segala pendiskriminasian kepada para penyandang disabilitas..!


Dan mengingat Hari Disabilitas Internasional yang akan jatuh pada tanggal 3 Desember 2011, diharapkan agar kita semua selaku Masyarakat bisa mengubah pandangan kita terhadap penyandang disabilitas, Agar tercipta Kehidupan Masyarakat indonesia yang inklusif dan Harmonis .. :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar