Kamis, 03 November 2011

Pendiri Facebook Masuk Daftar 10 Orang Paling Berkuasa


Pencipta media sosial terpopuler di dunia saat ini, Mark Zuckerberg, masuk sebagai 10 orang paling berkuasa di dunia versi Forbes. Pendiri Facebook ini peringkatnya melonjak menjadi peringkat 9 dari sebelumnya peringkat 40 dunia pada 2010 lalu.


Mahasiswa drop-out dari Harvard University ini menjadi orang termuda yang masuk dalam daftar itu. Karena Zuck, begitu dia biasa disapa, masih berusia 27 tahun.



Forbes menyebutkan, apa yang gagal dilakukan CIA dalam waktu 60 tahun, kini berhasil dilakukan Zuck dalam kurun waktu tujuh tahun. Anak muda itu kini berkuasa dalam hal mencari tahu apa yang dipikirkan oleh 800 juta orang, atau 10 persen dari populasi dunia, apa yang dibaca, didengarkan, ditambah apa yang mereka ketahui, sukai, di mana mereka tinggal, perjalanan mereka, apa yang mereka pilih, toko yang dikunjungi, serta keyakinan relijius mereka.


Pengguna internet di Amerika Serikat lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengunjungi laman Facebook atau rata-rata 6,3 jam per bulan dibanding situs lainnya.


Zuck saat ini membuat sistem keuangan sendiri, Facebook Credits, untuk memfasilitasi transaksi dan keuntungan pengguna. Dengan kekayaan bersih sekitar US$17,5 miliar atau senilai Rp157 triliun, Zuck tercatat sebagai orang terkaya ke-14 di Amerika dalam 400 orang terkaya Amerika versi Forbes pada September lalu. 


Pria lajang ini juga tercatat sebagai miliuner dunia pada urutan ke-52 dan urutan ke-22 di Amerika Serikat pada Maret lalu.      www.news126.blogspot.com


Tapi Zuck bukan satu-satunya, penghuni Silicon Valley yang masuk daftar 10 besar paling berkuasa versi Forbes. Pendiri Microsoft Bill Gates malah berada di atas Zuck, yaitu peringkat kelima.


Tapi keberadaan Gates di dalam daftar bukan sebuah kejutan. Karena selama ini Gates dikenal sebagai orang terkaya di dunia, sebelum digeser oleh Carlos Slim. Tahun lalu, Gates juga masuk peringkat 10 dalam daftar orang paling berkuasa versi Forbes. 


Selain itu, penghuni Silicon Valley lain yang masuk ke dalam daftar orang paling berkuasa versi Forbes adalah pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin yang berada di peringkat 30, CEO Amazon Jeff Bezos di peringkat 40, dan CEO Apple Tim Cook di peringkat 58.




http://teknologi.vivanews.com/news/read/261305-zuck-masuk-10-besar-orang-terkuat-dunia


.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar