Kamis, 27 Oktober 2011

Cara Mereset Password BIOS

BIOS, singkatan dari Basic Input Output System, dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal berikut:

Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)
Memuat dan menjalankan sistem operasi
Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.

BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.

Istilah BIOS pertama kali muncul dalam sistem operasi CP/M, yang merupakan bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan perangkat keras (beberapa mesin yang menjalankan CP/M memiliki boot loader sederhana dalam ROM). Kebanyakan versi DOS memiliki sebuah berkas yang disebut "IBMBIO.COM" (IBM PC-DOS) atau "IO.SYS" (MS-DOS) yang berfungsi sama seperti halnya CP/M disk BIOS.

Kata BIOS juga dapat diartikan sebagai "kehidupan" dalam tulisan Yunani

Password Bios biasanya digunakan user untuk melindungi setting Bios pada komputer. Bila anda ingin mereset password pada Bios tidak perlu susah-susah untuk mengkoneksikan bateray CMOSnya, dengan sedikit trik pada Dos anda dapat mereset password pada Bios tersebut dengan 2 cara :

1. Clear CMOS
Cara ini kuanggap cara paling kuno sekaligus paling mudah untuk menjebol password pada BIOS. Langkahnya mudah saja, pertama buka casing penutup CPU komputer. Kemudian cari Batere bios yang bentuknya mirip-mirip dengan batere jam cuma sedikit lebih gede. Setelah ketemu perhatikan daerah di sekitar batere biasanya terdapat jumper dengan 3 pin, 2 pin terhubung dan 1 pin tidak.

Misalkan 3 pin tersebut dengan kode 1 - 2 - 3. Posisi konektor awal yang terhubung biasanya adalah 2 - 3. Untuk mereset bios caranya pindahkan posisi konektor yang menghubungkan pin 2 - 3 ke posisi 1 - 2 selama kurang lebih 5 detik. Kemudian pasang kembali ke posisi awal (2 - 3). Coba restart kembali komputer, dijamin password bios sudah lenyap.

Jika cara di atas terlihat rumit, mudahnya untuk menclear cmos adalah dengan mencopot batere BIOS kemudian memasangnya kembali. Namun dengan konsekuensi mencopot label garansi pada batere bios tersebut

2. Melalui DOS



Pertama keluarlah dari windows dengan me restart komputer anda, jalankan komputer pada MS-DOS mode, gunakan pilihan "Command Promt Only"

Pada C:prompt, ketik : DEBUG

tekan enter. Anda akan melihat tanda (-) pada DEBUG promt, kemudian ketik:

o 70 2e

pada DEBUG promt akan ditampilkan seperti -o 70 2e.

tekan enter dan ketik:

-o 71 ff

tekan enter, terakhir ketik:

Q

tekan enter, maka anda akan keluar dari DEBUG promt dan kembali pada C:> prompt.

sekarang restart kembali komputer anda, dan lihat hasilnya.

Sumber : http://blog.cyber4rt.com/

Semoga Artikel yang saia posting di blog ini bermanfaat,terima kasih..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar