Jumat, 10 Juni 2011

Teknik Optimasi SEO – Offpage Optimization


Pada postingan sebelumnya saya telah membahas tentang teknik SEO didalam website itu sendiri atau lebih dikenal dengan istilah Onpage Optimization , maka sesuai janji saya, kali ini saya akan memposting kembali lanjutan dari teknik SEO ini yaitu Offpage Optimization : teknik optimasi yang dilakukan terhadap sebuah website dengan menggunakan berbagai metode yang berada diluar website tersebut.

Untuk menerapkan teknik SEO ini bisa dibilang gampang – gampang susah, karena melibatkan pihak luar yang ada diluar sana. Intinya adalah mendapatkan Backlink. Yaitu link dari website lain ke website kita. Inilah tantanganya. Oleh karena itu relasi atau networking dengan netter lain sangat penting dibangun dengan baik untuk tujuan jangka panjang maupun jangka menengah.

Namun sebelum bahas tentang teknik SEO, anda harus tahu bahwa ada dua macam Tautan Balik (Backlink) yaitu diantaranya:.

1. Tautan Balik Searah. (One way link).

Ini adalah model backlink yang paling besar pengaruhnya karena website anda
mendapatkan tautan balik sedangkan anda tidak perlu memberikan tautan balik. Sekaligus ini juga lebih sulit, karena untuk memberikan link kepada anda,
website anda harus mempunyai conten yang berkualitas atau unik. Sehingga orang secara sengaja atau tidak mempromosikan website anda dengan menuliskan alamat website anda di website atau blog mereka.

2. Tautan Balik dua arah (two way – link exchange)

Tehnik ini cukup banyak dilakukan di internet. Anda memasang link mereka karena mereka juga memasang link anda. Jadi keduanya untung, win-win solution. Bila dibandingkan dengan one way, tentu saja one way akan lebih kuat pengaruhnya dibandingkan two way.

Berikut adalah cara – cara yang bisa ditempuh untuk teknik Offpage Optimization:

1. Daftarkan Website anda ke Search Engine

Setelah selesai melakukan teknik Onpage Optimization, langkah pertama yang harus di lakukan adalah mendaftarkan website anda ke mesin pencari. ini sangat penting untuk dilakukan, selain gratis ! mesin pencari juga bisa mendatangkan kunjungan melimpah ke website anda dan tentunya kunjungan yang datang lebih tertarget.

Silahkan melakukan submisi ke beberapa tipe mesin pencari paling populer dibawah ini berikut daftarnya:

· Google

· Yahoo

· Msn

· Bing

· Open Directory ( DMOZ )

· AltaVista

· Alltheweb, dan masih banyak lagi sebenarnya.

2. Mempromosikan website anda di iklan baris gratis

Langkah ini adalah langkah yang cukup sederhana dan mudah dilakukan. Kita ketahui bersama, bahwa iklan baris merupakan website yang banyak dikunjungi, mempunyai banyak conten (isi) bahkan setiap menit atau detiknya isi dari iklan baris berganti – ganti akibat dari banyaknya orang yang memasang iklan disana. Karena kenyataan ini, maka robot search engine sangat senang untuk datang ke website berbentuk iklan baris.

Kita tahu bahwa makanan dari search engine adalah: konten. Terutama adalah konten yang sering diupdate. Oleh sebab itu search engine sangat senang dengan website yang mempunyai banyak konten yang rajin diupdate. Misalnya: website iklan baris, blog, dll. Itulah kenapa blog – blog yang rajin diupdate sangat digemari oleh search engine, terlebih karena blog sangat mudah diupdate.

3. Aktif di Newsgroups dan Forum.

Jika anda adalah pemain baru di dunia Internet, anda perlu aktif menunjukkan keberadaan anda serta website anda kepada orang lain. Anda bisa beriklan, atau menulis artikel tertentu yang berkaitan dengan topik website anda. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah aktif di newsgroup atau forum di Internet. Ada berbagai macam newsgroup dan forum. Anda bisa menemukannya dengan menggunakan fasilitas search engine dengan memasukkan kata kunci newsgroup ataupun forum mengenai topik tertentu. Misalnya “Bisnis Online Forum”.

Untuk bisa aktif di milis/newsgroup, sebelumnya anda harus mendaftarkan alamat email kemudian mengkonfirmasikan pendaftaran. Setelah keangotaan diaktifkan (biasanya secara otomatis) kemudian anda sudah bisa ikut nimbrung berdiskusi mengenai topik tertentu. Silakan anda akses http://www.yahoogroups.com dan ketikkan kata kunci tertentu yang berkaitan dengan topik pembahasan website anda. Atau jika anda ingin beriklan menggunakan milis, silakan ketikkan kata kunci “iklan” di form pencarian. Anda akan menemukan ratusan bahkan ribuan daftar milis yang berkaitan dengan topik anda.

Jika anda aktif menulis, berbicara dan berperan serta di suatu newsgroup, maka nama anda akan semakin dikenal. Mereka akan lebih mudah mengunjungi website anda setelah mengenal anda.

4. Memberi komentar di blog orang lain untuk mendapatkan backlink berkualitas

Cara offpage yang tidak kalah kerennya adalah dengan memberikan komentar diberbagai blog yang ada di Internet. Selain menyenangkan anda juga bisa melihat – lihat blog orang lain, siapa tahu bisa mendapatkan ide/inspirasi yang bagus. Juga bisa berkenalan dengan pemilik blog untuk membangun tali persahabatan. Bila anda ingin website anda dikenal oleh banyak orang maka ini adalah cara yang sangat baik.

Memberikan komentar dengan jalan – jalan ke blog orang lain, dikenal dengan istilah “blog walking” dan merupakan cara cepat dan bagus dalam meningkatkan page rank anda dan mendapatkan banyak backlink berkualitas.

Anda bisa melakukan blog walking (kegiatan mengunjungi blog orang lain dan memberikan komentar) ini kepada blog yang mirip bidangnya dengan website anda. Bila anda menemukan blog yang sebidang maka efeknya akan semakin bagus. Namun jika anda tidak menemukan banyak blog sejenis, maka blog dengan PR tinggi sangat baik untuk anda memberikan komentar disana.

5. Mendaftarkan website anda ke Directori

Jika anda akan mendaftarkan website anda ke situs search engine directori,anda harus lebih hati – hati karena website anda akan diperiksa secara manual oleh manusia.

Semoga artikel yang saia posting di blog ini bermanfaat,terima kasih..
Sumber : Serbajasaonline.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar