Senin, 05 September 2011

Inilah Waktu Tidur Yang Baik

Kapan Sih Waktu Tidur Yang Baik???

Tidur merupakan kebutuhan utama dalam hidup manusia. Bukan hanya untuk menghilangkan rasa lelah, namun juga berfungsi sebagai penyegar dan pembuang zat-zat beracun yang dilakukan saat tidur. Untuk itu perlu dikenali saat-saat dimana tubuh kita melakukan proses pembuangan racun dalam tubuh.

Sebagaimana waktu tidur yang benar, bisa semakin membantu dalam proses berikut:
Pukul 21.00 – 23.00
Malam hari adalah waktu pembuangan zat-zat yang tidak berguna/beracun (detoxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini, kita harus dalam suasana tenang atau mendengarkan musik. jangan sibuk bekerja di waktu-waktu ini.

Pukul 23.00 – 01.00
Dinihari merupakan terjadinya proses detoxin dibagian hati yang berlangsung dalam kondisi tidur pulas.


Pukul 01.00 – 03.00
Dinihari proses detoxin dibagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.

Pukul 03.00 – 05.00
Dini hari terjadi detoxin dibagian paru-paru, sebab itu akan terjadi batuk selama durasi waktu ini. karena proses pembersihan (detoxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk agar tidak merintangi proses pembuangan kotoran.

Pukul 05.00 – 07.00
Detoxin dibagian usus besar, disarankan untuk buang air.


Pukul 07.00 – 09.00
Pagi dimana merupakan waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, disaranakan untuk sarapan pada durasi ini.


Bagi yang sedang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pukul 06.30. Makan pagi sebelum pukul 07.30 sangat baik untuk kesehatan.
Dan Ternyata ada juga waktu yang tidak dianjurkan untuk tidur,, berikut :
Tidur sehabis asar
Buat yang suka tidur sehabis ashar mohon dikurangi karena jika sering tidur sehabis ashar dapat menyebabkan gangguan jiwa. ilmuwan dari yahudi meneliti bahwa tidur setelah ashar dapat menyebabkan kegilaan. kalau secara islam, tidur sehabis ashar tidak akan mendapatkan berkah, karena ashar adalah saatnya pergantian malaikat yang mendata amal baik/buruk manusia. jadi kalo tidur sehabis ashar gak akan di data amalnya.
Tidur sehabis subuh
Tidur sehabis shubuh sampai selesai waktu dhuha(waktu matahari sepenggalahan) dapat menyebabkan penyakit vertigo. penyakit vertigo adalah penyakit kepala yang sangat sakit yang susah dihilangkan. selain itu tidur sehabis shubuh akan meyebabkan kemalasan yang berlebihan, gampang emosi, dsb. jadi kalau bisa agan beraktivitaslah jika sudah bangun tidur.
Tidur sehabis magrib
Yang tidur sehabis maghrib katanya selama tidur akan di gerayangi setan dan perasaan ke esokan harinya hatinya jadi tidak tenang.
Quote:
Yang harus diingat, tidur kurang dari enam atau tujuh jam dalam satu malam berkaitan dengan risiko tekanan darah tinggi, hipertensi, obesitas, diabetes dan kanker.

Tapi seberapa besar peran tidur pada kesehatan dan berapa banyak kebutuhan tidur setiap orang, masih merupakan misteri. Beberapa penelitian memberi kesan bahwa orang tua bisa tidur lebih sedikit.

Penelitian dilaporkan dalam jurnal Current Biology pada 2008 menemukan kebutuhan tidur ini. Ketika diminta tinggal di tempat tidur selama 16 jam dalam gelap setiap hari selama beberapa hari, peserta muda rata-rata tidur 9 jam. Sementara orang tua selama 7,5 jam menutup-mata. Dan studi pada 1 Februari 2010 di jurnal Sleep menyimpulkan orang tua membutuhkan tidur lebih sedikit.

Beberapa pedoman umum dari Mayo Clinic tentang berapa banyak tidur yang dibutuhkan adalah anak-anak prasekolah 11 jam, anak usia sekolah 10 jam , remaja 9 jam, dewasa: 7-8 jam, orang tua 7-8 jam.

Jika Anda sulit tidur, ada sejumlah tips untuk dicoba termasuk olah raga, hindari kafein dan alkohol. Selain itu tetapkan waktu tidur yang teratur, dan tempat yang memadai idealnya di kamar tidur.

Berikut adalah tips tidur lebih banyak. Para ahli umumnya sepakat kualitas tidur penting. Tidur siang baik meskipun dapat membuat tidur malam menjadi lebih sulit.
Semoga Artikel yang saia posting di blog ini bermanfaat,terima kasih..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar