Kamis, 23 Desember 2010

Tips Agar FB Kita Tidak Di Hack...!

Suatu ketika mungkin anda pernah mengalami keadaan tidak bisa login pada Facebook anda? padahal anda sangat yakin telah memasukkan password dan email yang benar, tapi tetap saja anda tidak bisa Login. Akhirnya andapun tersadar kalau Facebook anda telah dibajak, dicuri atau di hack orang lain. Bagaimana bila hal seperti ini menimpa anda? langkah apa yang mesti dilakukan? apakah Facebook milik anda akan bisa ke kembali pangkuan anda?

Tak usah khawatir, pihak Facebook telah menyediakan Form Khusus bila suatu saat Facebook anda tiba-tiba dicuri oleh orang lain. Anda tinggal memasukkan Data-data yang berkaitan dengan Facebook anda di Form Laporan ini. Isilah data-data yang diminta (mulai dari Nama, email, Network sampai URL Profile Facebook anda) dengan jawaban yang benar dan sesuai dengan data Facebook milik anda.

Berapa lama prosesnya? Setelah laporan anda diterima, dalam jangka waktu 24 jam pihak Facebook akan menindaklanjuti laporan anda tersebut. Pihak Facebook akan memberikan laporan balik kepada anda dalam jangka waktu 72 jam. Kalau laporan anda benar, dan anda mengisi Form Laporan dengan tepat, maka bisa dipastikan akun Facebook milik anda, akan bisa kembali ke pangkuan anda.
Ini adalah beberapa tips agar supaya akun facebook anda tidak dibajak atau dijebol (hack), sebenarnya mudah dan sangat simple, dan bagi anda sebagai pengguna (user) yang menggunakan handphone harap segera di setting akunnya di komputer, supaya lebih jelas dan leluasa untuk men-setting akunnya.

Didalam profil anda tidak perlu seluruh informasi di tampilkan diantaranya dalam Basic Information, Personal Information dan Contact Information, terutama Email Address, IM Screen dan Website. (Termasuk di dalam Group yang anda buat).



Alamat Email. Disarankan alamat email tidak ditampilkan pada profil anda. Caranya: Pilih Settings lalu klik Privacy Settings, lalu pilih menu Profile, kemudian pilih Contact Information, kemudian di drop down menu IM Screen Name dan Email Screen Name di ubah menjadi “no one“.

Password. Ubahlah password anda, caranya pilih menu Settings lalu klik Account kemudian di Password pilih change. Untuk password disarankan tidak sama dengan password email, dan minimal 10 karakter (numerik dan alphanumerik). Contoh: webku456987oke. Kenapa password harus seperti itu?, karena dengan format seperti itu akan mempersulit si pembajak untuk mengacak password anda dan jangan sekali-kali anda memakai password tanggal lahir.

Website. Inilah cara yang ketiga oleh si pembajak lakukan guna mencari alamat email anda, karena jika anda menyertakan alamat website pribadi anda seperti Multiply, Blogger, WordPress, Friendster, Twitter, Plurk dan yang lainnya, si pembajak sangat pintar dan banyak akal untuk mencari email anda. Untuk itu jika anda memiliki website dan menyertakannya di Facebook harap jangan menampilkan alamat email di website pribadi anda.

Untuk sementara tips ini yang bisa saya sampaikan, dan walau hanya sementara ketiga tips diatas merupakan kunci utama si pembajak dalam melakukan aksinya. Mudah-mudahan bermanfaat dan semoga akun Facebook anda tidak menjadi korban oleh orang yang tidak bertanggung jawab

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar