Sabtu, 04 Desember 2010

Pesta Gol Indonesia Ke Gawang Laos.

Indonesia memastikan diri lolos ke semifinal AFF Cup 2010 dengan status juara grup. Itu didapat skuad asuhan Alfred Riedl setelah kembali berpesta gol ke gawang Laos 6-0 pada laga kedua babak penyisihan Grup A, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (4/12/2010).

Dengan raihan sempurna dari dua laga yang telah dijalani, Indonesia tak tergoyahkan di puncak klasemen dengan poin 6. Dengan demikian, laga pamungkas menghadapi tim kuat Thailand, tak lagi berpengaruh.

Mengusung misi lolos ke semifinal, Indonesia langsung mengambil alih serangan di awal laga. Baru menit ke-7, Hamka Hamzah langsung mengancam gawang Laos melalui sundulan, memanfaatkan umpan silang Firman Utina. Sayang, sundulan Hamka masih tipis di sisi gawang.

Laos langsung merespon dengan skema serangan balik di menit ke-10. Tendangan spekulasi jarak jauh dilepaskan Kaysone Soukhavong. Beruntung bagi Indonesia, bola tendangan Soukhavong hanya membentur mistar gawang Markus Haris Maulana.

Setelah sempat menekan selama 20 menit laga, Indonesia akhirnya berhasil memecah kebuntuan melalui eksekusi penalti kapten tim Firman Utina pada menit ke-26. Hukuman penalti diberikan wasit setelah Cristian ‘El Loco’ Gonzales dijatuhkan Saynakhonevieng Phommapanya di kotak terlarang. 1-0 Indonesia memimpin.

Unggul satu gol, permainan kian terbuka. Laos yang sejak awal bermain bertahan kini mulai berani menyerang. Permainan terbuka yang mulai ditampilkan Laos kontan memberikan ruang bagi Indonesia untuk menekan.

Memasuki menit ke-30, Indonesia memiliki peluang mencetak gol kedua melalui tusukan M. Ridwan di Sisi kiri pertahanan Laos. Nahas, bola silang mendatar yang dilepaskannya gagal disambar El Loco di depan gawang.

Namun, selang dua menit kemudian skuad Garuda akhirnya berhasil mencetak gol kedua melalui Ridwan. Berawal dari kesalahan pemain belakang Laos dalam melakukan passing, Ridwan berhasil mencuri bola dan beraksi melewati dua pemain belakang, sebelum menggocek kiper Bounthisanh, untuk melepaskan tembakan lemah yang sempat membentur pemain belakang Laos sebelum meluncur ke gawang. Keunggulan 2-0 untuk Indonesia menutup paruh pertama laga.

Babak kedua dimulai, Indonesia langsung menggebrak dan kembali menambah pundi-pundi gol menjadi 3-0 melalui gol kedua Firman di menit ke-50. Memanfaatkan kerjasama satu-dua apik dengan M.Ridwan, gelandang Sriwijaya FC melepaskan tembakan keras yang meluncur deras ke pojok kanan gawang Bounthisanh.

Tak puas dengan tiga gol, Indonesia kembali mencetak gol melalui bintang barunya, Irfan Bachdim untuk membawa Indonesia unggul 4-0 di menit ke-62. Gol kedua bomber Persema di turnamen ini dilesakkan berkat kerjasama satu-dua dengan tandemnya yang juga pemain naturalisasi, El Loco Gonzales.

Empat menit kemudian, Bachdim kembali memiliki peluang mencetak gol keduanya di pertandingan ini. Sayanng, tembakan pemain 22 tahun berdarah Belanda ini masih tipis di sisi gawang.

Arif Suyono benar-benar membuktikan dirinya sebagai super-sub. Masuk di menit ke-69 menggantikan M. Ridwan, pemain yang akrab disapa Keceng ini sukses membawa Indonesia unggul 5-0 di menit ke-76, setelah memanfaatkan kemelut di muka gawang, hasil tendangan Hamka yang masih bisa di blok Bounthisanh.

Mencetak lima gol ternyata tak membuat anak-anak merah putih puas. Terbukti, serangan demi serangan terus dilancarkan. Hasilnya, di menit ke-81, pendatang baru timnas, Oktovianus Maniani berhasil mencetak gol pertamanya untuk timnas usai melakukan sprint dari tengah lapangan.

Meski sempat menciptakan beberapa peluang melalui Arif Suyono dan Okto, namun keunggulan 6-0 tajk berubah hingga laga berakhir. Kemenangan ini merupakan pembalasan dendam atas kekalahan 0-2 Indonesia atas Laos di Sea Games 2009, sekaligus ulangan AFF Cup (dulu masih Tiger Cuo) 2004, dimana Merah Putih sukses menggilas Laos dengan skor 6-0.   

Susunan Pemain:
Indonesia
: 1-Markus Harison; 2-Mohammad Nasuha, 3-Zulkifli Syukur (Beny Wahyudi/73’), 5-Maman Abdurahman, 23-Hamka Hamzah; 10-Oktovianus Maniani, 15-Firman Utina (c); 19-Ahmad Bustomi, 22-Muhamad Ridwan (Arif Suyono/69’) , 9-Cristian Gonzales (Bambang Pamungkas/66’), 17-Irfan Bachdim.

Laos: S. Bounthisanh, S. Phommapanya, K. Thongkhen, K. Souksavanh, K. Pinkeo, K. Sysomvang, K. Liththideth, K. Soukhavong, K. Inthammavong, L. Singto, K. Sayavutthi. (acf)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar