Kamis, 03 Maret 2011

Besar bumi

Bumi adalah tempat dimana kita berpijak. bagi kita bumi itu besar dan luas. Untuk pergi ke amerika saja jauh sekali rasanya. Apalagi sampai ke Antartika. Tapi..coba kita lihat bumi kita dengan ciptaan Allahyang lainnya.
Ternyata tidak ada apa - apanya, bahkan bintang yang terbesar pun hanya satu titik dibanding dengan Galaxy, Cluster, Super Cluster, dan JagadRaya.


Tapi, di atas itu semua kita harus yakin bahwa Allah sang pencipta alam semesta ini jauh lebih besar dari semua itu. Allah Maha Besar!


Mari kita bandingkan bumi kita dan planet2 yang lain.

Diatas tampak perbandingan bumi kita dengan planet neptunus, uranus, dan jupiter. tampak bumi lebih kecil dibanding dengan ketiga planet tersebut.


Perbandingan Bumi dan Matahari

kita bandingkan lagi bumi dengan matahari. terlihat dengan jelas bumi amatlah kecil di banding dengan matahari. Matahari ialah sebuah bintang yang kita kenal paling besar di tata surya kita.
Ukuran matahari kira2 mempunyai diameter (lebar) 1.391.980 km. itu kira2 1,3 juta kali ukuran bumi. wow, besar sekali ya...Maha Besar Allah!


Perbandingan Matahari dan Arcturus

bisa kita lihat diatas perbandingan matahari dengan planet arcturus, matahari yang besarnya segitu kali dengan bumi ternyata masih ada yang lebih besar lagi. planet arcturus namanya.


Perbandingan Matahari , Arcturus, Betelgeuse dan Antares

bila tadi kita lihat perbandingan matahari dengan planet arcturus, sekarang mari kita gambar di atas. planet arcturus tampak kecil sekali di bandingkan dengan dua planet yaitu Betelgeuse dan Antares. tampak juga matahari sangatlah kecil dibanding dengan kedua planet tersebut, bahkan hampir tak terlihat. untuk bumi, Saat ini sudah tidak bisa dilihat lagi. Diameter Antares 804.672.000 km.


Galaxi

Kalau anda menganggap Antares sudah sangat besar, ternyata bintang itu masih belum apa-apa dibanding dengan Galaksi seperti Galaksi Bimasaktiyang terdiri dari ratusan milyar bintang dengan lebar hingga 100 ribu tahun cahaya (1 detik cahaya=300.000 km).


Cluster


kumpulan Galaxi akhirnya membentuk sebuahCluster. Cluster terdiri dari ribuan Galaxi. 
Tapi di atas Cluster masih ada Super Cluster yang terdiri dari ribuan Cluster. Ribuan Super Cluster akhirnya membentuk jagad raya.


Jagad Raya




Saat ini diperkirakan Jagad Raya (Universe) lebarnya 30 milyar tahun cahaya. Tapi ini cuma angka sementara mengingat teleskop tercanggih saat ini “cuma” bisa mencapai jarak 15 milyar tahun cahaya!
Jika dunia ini begitu luas, maka Allah menegaskan bahwa akhirat itu lebih baik dan lebih kekal. Jauh lebih luas lagi dari dunia!

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”
[Al Baqarah 255] 




Maha Besar Allah Tuhan Pencipta Alam!
Maka bertasbihlah kepada Allah!
Mohon sampaikan ini kepada yang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar