Rabu, 18 Mei 2011

7 Tips Memberikan ASI yang baik untuk Bayi

Menyusui adalah cara paling sederhana dan paling sehat untuk memberi makan pada bayi Anda karena dalam ASI terkandung campuran yang tepat, di antaranya kandungan protein (keseimbangan sempurna dari asam amino), lemak, gula, air, mineral, vitamin, enzim, dan antibodi bagi bayi Anda.
Konsumsi ini akan meningkatkan kekebalan bayi dan melindungi mereka dari infeksi diare, gangguan pernafasan dan gangguan lainnya. Bayi yang menyusu akan jauh lebih rendah terhindar dari risiko diabetes, obesitas, dan kondisi alergi serta memiliki perkembangan koginitf yang lebih baik. Selain itu, menyusui pun merupakan teknik untuk mengontrol kelahiran yangefektif. Jika kurang dari enam bulan pascamelahirkan dan secara khusus menyusui bayi Anda, dan Anda belum mendapat haid, maka Anda akan terlindung sebanyak 98 persen dari kehamilan.

Berikut ini adalah tips yang bisa Anda coba agar agenda menyusui tetap berjalan efektif..
1. Penting untuk diketahui bahwa ibu dan bayi haruslah berada pada posisi yang nyaman. Tubuh bayi dan leher harus berada dalam garis yang lurus.
2. Pegang bayi dengan menutup tubuhnya dengan tangan Anda hingga sudut kanan tubuhnya terlindungi kemudian bawalah bayi ke arah payudara Anda.
3.Dengan posisi yang baik, proses penghisapan yang dilakukan bayiakan lebih mudah.
4.Jagalah kontak kulit dengan bayi setelah persalinan karena dapat merangsang naluri bayi untuk mencari payudara.
5.Berilah ASI sesering mungkin karena memastikan stimulasi payudara cukup untuk menjaga aliran susu yang baik.
6.Cobalah untuk menjaga payudara agar tidak selalu penuh. Jadi, selepas mengasup makanan kemudian keluarkan dengan memompa susunya.Ini akan menjaga aliran susu dan mencegah masalah seperti pembengkakan atau benjolan pada payudara
7.Jangan untuk lupa selalu jaga kebersihan dan kesehatan payudara, karena ini sangat penting demi pertumbuhan buah hati kita agar tumbuh maksimal,sehat dan pastinya membuat kita bangga..^^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar