Selasa, 22 Februari 2011

Patung Buddha Tidur di Trowulan Mojokerto

Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa di Trowulan, Mojokerto terdapat sebuah patung Buddha tidur. saya sendiri yang asli warga mojokerto baru tahu kalau ada patung Buddha tidur. maklum saya jarang berwisata..hehe.. patung Buddha tidur ini diyakini sebagai yang terbesar se-Indonesia. Hampir tiap hari patung yang berada di Mahavihara Mojopahit, Desa Bejijong itu ramai dikunjungi wisatawan baik dari daerah setempat maupung luar daerah.


Menurut kabar, Patung dengan warna keemasan panjang 22 meter, lebar 6 meter setinggi 4,5 meter ini dibuat oleh YM Viryanadi Maha Tera pada tahun 1993, dan terbuat dari beton yang dipahat perajin patung asal Trowulan.

Setiap harinya ada sekitar 20 biksu dan biksuni selalu setia membersihkan patung Buddha tersebut. Jika kondisi cat terlihat kusam, maka sesegera mungkin patung tersebut dicat kembali.

Menurut ceritanya, patung Buddha Tidur ini menggambarkan wafatnya Siddharta Gautama dan dibangun di atas kolam air melambangkan abunya dibuang ke laut. Patung menghadap ke arah selatan yang dianggap kiblatnya umat Buddha. Di sekeliling bawah patung juga terdapat relief-relief yang menceritakan tentang Budha itu sendiri.

Selain patung Buddha tidur, di dalam Mahavira Mojopahit, wisatawan juga dapat melihat miniatur Candi Borobudur. Patung kera sakti, dan beberapa patung tokoh-tokoh dalam cerita Buddha juga menarik untuk dilihat. Di dinding belakang bangunan utama terdapat relief-relief besar yang menceritakan Buddha sedang mengamalkan ajarannya.

Mahavihara Mojopahit yang didirikan pada Minggu 31 Desember 1989 ini selain digunakan untuk beribadah umat Buddha juga terbuka untuk umum. Mahavihara Mojopahit diresmikan  oleh Maha Sthavira Ashin Jinarakkhita dan Gubernur Jawa Timur, Soelarso.


.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar