Minggu, 17 Januari 2010

Peran Blogger Dalam Lalu Lintas Website

Anda mungkin berpikir bahwa Blogging sudah mati, apalagi sekarang ini media sosialisasi didominasi oleh Twitter, Facebook, Friendster dan media sosial lain pada umumnya. Saya selalu menganggap Blog adalah bagian dari media sosial pula, karena Blog adalah media dalam berkomunikasi dan berinformasi yang melibatkan faktor penulis/produsen dan pengguna/pembaca/konsumen.





Apakah Blogging lima tahun yang lalu berjalan bagus? Jika anda berpikir bahwa apa yang terjadi dengan Blogging sekarang ini sudah kurang diminati dan kurang berpengaruh, sekali lagi tolong pikirkan kembali, karena Blog saat ini masih punya peran penting yang sangat besar dalam lalu-lintas Website. Contoh dari hal ini saya berikan gambaran mengenai peluncuran situs komersial Alice.com.





Anda tidak mengenal dan kurang familiar dengan Alice.com? Alice.com adalah sebuah situs di mana konsumen dapat membeli barang-barang rumah tangga untuk kebutuhan sehari-hari langsung dari produsen seperti pasta gigi, kertas toilet, deterjen, popok, dll, bukan melalui perantara, pengecer atau agen. Situs ini diluncurkan pada bulan Juni 2009, dan pada awal bulan November 2009 lalu lintas di website ini sekitar lebih dari 1 Juta pengunjung unik, dan pada 10 November 2009 Alice.com mengumumkan bahwa telah menyelesaikan $ 6 juta(Dollar) putaran pendanaan. Pendanaan terbaru berasal dari sekelompok investor swasta dan menjadikan jumlah total yang diperoleh oleh Alice.com untuk saat ini adalah lebih dari $ 10 juta (Dollar). Mengagumkan bukan????




Tebak di mana sebagian besar lalu lintas Website Alice.com berasal? Semua itu berasal dari mulut ke mulut dengan menggunakan fasilitas Blogging dan yang terbesar dan nomer satu adalah menggunakan lalu lintas Blogger.com. Tidak lewat Twitter, tidak juga Facebook, tidak juga lewat daftar pencarian atau media lainnya meskipun masing-masing fasilitas tersebut tak diragukan lagi peranannya. Blogger.com telah menjadi faktor terbesar dalam mengarahkan lalu lintas untuk situs Alice.com ini, dan dari hal-hal yang tersebut terlihat bahwa lalu lintas di Blogger.com tidak menunjukkan tanda-tanda melambat.





Blogger.com menyumbang 18% dari lalu lintas arahan Alice.com padabulan Juli 2009, dan jelas ada banyak Blog di luar sana yang tidak host lewat Blogger.com. Dari data tersebut menunjukkan bahwa tingkat konversi Alice melonjak menjadi 3,5% pada bulan Juli 2009.





Setiap orang yang sebelumnya berbelanja online untuk produk-produk rumah tangga tahu bahwa harga umumnya lebih tinggi(kadang-kadang jauh) dibandingkan yang ditemukan di toko-toko, tetapi tidak dengan Alice.comDengan menjual langsung kepada konsumen, produsen dapat memberikan harga produk lebih murah dari pada sebagian besar pengecer online dan lebih bersaing dengan toko-toko lainnya.





Dari hal tersebut diatas, tentu saja anda bisa memanfaatkan fasilitas Blogger.com semaksimal mungkin untuk berbicara banyak tentang produk anda di Blog, dan sudah pasti untuk mendapatkan lalu lintas Website anda. Hal ini tidakberbeda dengan membuat orang untuk berbicara tentang anda di jaringansosial atau melalui bentuk pemasaran dari mulut ke mulut seperti yang sudah dilakukan oleh Alice.com.





Masih dini bagi kita untuk mengetahui apakah situs Alice.com ini akan tetap sukses, asalkan menjadi blogger's yang berbahagia, dapat menikmati kehidupan yang panjang ini, anda akan tahu bagaimana jalan cerita dari situs Alice.com selanjutnya. Satu hal yang harus diingat, tentang kata-kata "Dari Mulut ke Mulut" adalah bahwa ia bekerja dua arah. Reputasi dapat dengan cepat bergerak ke arah yang berbeda secara online dan mendapatkan lalu lintas website yang lebih baik.





Dari hal tersebut diatas, saya sebagai penulis menghimbau dan menyarankan kepada rekan-rekan semua untuk bisa tetap exist di dunia Blogging, selain Blogging dapat memberikan penghasilkan secara online, persaudaraan dan kekerabatan di dunia maya bisa terjalin dengan baik dan langgeng.





Salam dari Penulis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar