Rabu, 18 November 2009

Web Hosting dengan Speedy dan DynDns

Ada keinginan untuk membuat hosting tanpa harus menyewa host???
Rekan-rekan dapat memanfaatkan fasilitas dan infrastruktur yang telah ada.



Fasilitas dan infrastruktur : 
  1. Satu buah PC dengan Operating System XP (minimal)

  2. Modem ADSL dengan koneksi Speedy Unlimited

  3. XAMPP sebagai Localhost

Dengan asumsi fasilitas dan infrastruktur diatas telah terpenuhi, dan koneksi speedy sudah berjalan normal, maka kita dapat membuat webhosting sendiri dengan bantuan XAMPP.


Langkah berikutnya adalah memulai memodifikasi konfigurasi modem untuk menjadikan PC anda yang terhubung dengan modem ADSL menjadi server yang dapat menjadi host untuk website yang dimiliki (www, ftp, telnet, dan lain-lain).
  1. Login lah ke Modem ADSL Speedy anda.

  2. Ubahlah koneksi speedy di modem, yang awalnya PPPoE/PPPoA (dengan user&password), Menjadi Bridge Mode (tanpa user & password)

  3. Simpan Konfigurasi Modem anda.

  4. Sekarang untuk bisa mendapatkan IP Dynamic dari Speedy, kita beralih ke PC yang terkoneksi dengan Speedy langsung atau yang terhubung melalui hub.

  5. Bukalah Network Connections atau dengan meng-klik Start – Settings – Control Panel - Network Connections.

  6. Kemudian Buatlah Koneksi PPP dari Windows anda untuk mendapatkan IP Dynamic dari Speedy dengan mengklik Create a new connections dengan username dan password Speedy anda.

  7. Kemudian akan muncul Kotak isian Username & Password, jika anda telah mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar, maka kotak yang muncul akan sudah terisi untuk kolom username & password nya. Sekarang untuk melakukan Koneksi, tekan CONNECT.

  8. Bila koneksi Speedy anda telah muncul 2 lampu indikator dan bila di ipconfig via DOS, PC Anda Mempunyai 2 IP Address, yaitu IP Local (Private IP) dan IP dari Speedy (public IP) maka proses ini telah berhasil.

Dari Percobaan diatas, PC anda sekarang sudah bisa di jadikan Server yang bisa dikenali dunia secara langsung, dalam artian bisa meng-host banyak kebutuhan diantaranya www, ftp, email, dan lain-lain, karena peran modem diatas hanyalah sebagai Bridging (tidak memiliki IP dan sebagai penjembatan koneksi internet speedy Anda).


Memperoleh dinamic DNS melalui DynDNS 
DynDNS (Dynamic DNS) -  www.dyndns.com adalah penyedia DNS untuk dynamic dan static IP serta banyak Sub-Domain yang bisa di gunakan secara bebas dan GRATIS, dalam artikel ini kita akan membuat satu sub domain ‘anda.subdomain.xxx’ dengan puluhan pilihan subdomain yang sudah tersedia di dyndns.com serta updating secara berkala supaya domain selalu mengenali IP Speedy anda yang selalu berganti karena bersifat dinamis, serta software pendukungnya.





Syarat dan Caranya :
  • Internet anda harus udah tersambung dengan koneksi speedy

  • Buka url ini di browser anda : www.dyndns.com

  • Atau langsung aja buat account baru di : https://www.dyndns.com/account/create.html

  • Lakukan konfirmasi melalui email Anda tadi, dan klik url yang ada didalam nya untuk mengaktifkan account anda.

  • Bila sudah aktivasi, account anda akan langsung aktif

  • Lakukan login ke dyndns dengan user + password anda tadi

  • Klik pada My Services yang terletak pada pojok atas kanan

  • Pilih lah menu Add Host Services (gb. lingkar 1)

  • Kemudian klik Add Dynamic DNS Host (gb. lingkar 2)

NOTE :
  • Sub-Domain yang anda buat bisa menjadi sub-domain anda selamanya

  • Sub-domain yang anda buat tadi tidak bisa mengikuti perubahan IP pada speedy anda kecuali anda mengikuti tahap terakhir yang akan saya jelaskan di bawah ini, yang akan secara otomatis mengupdate IP Dynamic anda dengan sub-domain di DynDNS

Proses Updating DNS pada DynDNS.com
  • Updating DNS pada DynDNS ini sangat diperlukan, mengingat IP Speedy Anda adalah Dynamic IP (tidak memiliki IP tetap).

  • Agar DynDNS selalu mengerti perubahan IP Speedy anda, anda perlu untuk meng-updatenya secara berkala di web nya dyndns, terutama saat modem baru di nyalakan, atau faktor lain yg menyebabkan IP berubah.

  • Untuk memudahkan proses Updating dan update secara OTOMATIS, DynDNS telah menyediakan Software pendukung nya yang disediakan secara Free, yang berfungsi untuk peng-updetan secara otomatis sub-domain dengan IP Dynamic Speedy anda.

Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini dan download file updater :

  1. https://www.dyndns.com/support/clients/  atau di http://www.download.com/DynDNS-Updater/3000-2381-10405775.html?part=dl-DynDNSUpd&subj=dl&tag=button

  2. Extract lah file tersebut

  3. Install file tersebut

  4. Buat groups

  5. Isikan username dan password speedy anda disitu, atau klik tombol detect untuk detect dialer account yang sudah anda buat tadi

  6. Kemudian Klik OK sampe aplikasi tertutup, tapi pastikan icon try dyndns masih ada, tunggu sebentar sekitar 5-10 detik, untuk dyndns  melakukan connecting secara otomatis, masukkan sub-domain yang sudah anda buat tadi (contoh : wongedan.blogdns.net), dengan pilihan system DynDNS.

  • Indikator :


    • Centang hijau Anda berhasil

    • Centang kuning proses update

    • Centang merah anda gagal

INGAT !!! Praktek ini hanya diperuntukkan bagi pengguna Speedy Unlimited karena Bandwith yang terpakai cukup banyak.

TERIMA KASIH.......SELAMAT MENCOBA...........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar